Selasa, 11 September 2018

Contoh Apa Saja Obat Untuk Penyakit Paru Paru Di Apotik

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penyakit paru paru, mungkin anda sudah pernah mendengar mengenai penyakit paru paru dari teman anda atau bahkan anda sudah pernah mengalaminya sendiri. Saya juga akan berbagi informasi untuk anda penderita penyakit paru paru tentang apa Beberapa obat penyakit peru paru yang ada di apotik.
Namun sebelum anda melakukan tindakan pengobatan alangkah baiknya anda kenali lebih dalam lagih mengenai penyakit paru paru yang anda derita. Tujuannya adalah agar pengobatan yang akan anda lakukan ituh dapat berbuah hasil yang maksimal. Berikut ini saya akan menerangkan sedikit informasi mengenai penyakit paru paru yang anda derita.
Pengertian Penyakit Paru Paru
Penyakit paru paru adalah suatu inflamasi yang terjadi pada bagian saluran pernafasan atau pada bagian organ paru paru, yang menyebabkan suatu peradangan. Peradangan atau inflamasi yang terjadi mengakibatkan intensitas cairan dahak dalam saluran pernafasan dan organ paru menjadi meningkat, cairan dahak tersebut berfungsi untuk membersihkan saluran pernafasan.
Namun ada efeksamping yang muncul akibat cairan dahak yang meningkat tersebut. Akibat dari cairan dahak yang meningkat inilah menyebabkan saluran pernafasan menjadi tersumbat oleh cairan, dan mengakibatkan oksigen menjadi tidak bisa tersuplai dengan sempurna ke paru paru. Berikut ini ada beberapa akibat dari oksigen yang tidak bisa tersuplai dengan sempurna.

penyakit paru paru

  • Kepala menjadi pusing.
  • Bandan Lemas.
  • Batuk Berlendir
  • Mual dan Muntah.
  • Badan Pegal-Pegal.
Paru-paru adalah suatu organ yang berperan dalam sistem pernafasan, dimana terdapat pertukaran oksigen dan juga pertukaran karbondioksida di dalam darah. Proses pergantian oksigen dengan karbondioksida tersebut dinamakan dengan respirasi. Karena itulah organ paru-paru adalah organ yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia.
Apabila fungsi dari organ paru-paru mengalami gangguan karena satu dan lain hal, maka secara otomatis sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia dan harus ditangani dengan seksama. Berikut adalah beberapa jenis penyakit paru paru yang dapat terjadi pada diri anda, jenis paru paru memiliki gejala dan penyebab yang berbeda.
Jenis-Jenis Penyakit Paru
* Tuberkulosis (TBC)
Penyebab: penyakit ini dapat menular melalu percikan ludah pada saat penderita bersin atau batuk. Penyebabnya adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis.
Gejala: batuk berdahak lebih dari 3 minggu, dan juga dapat disertai batuk berdarah. Selain itu penderita biasanya mengalami demam pada sore dan pagi hari, dan pada saat malam akan berkeringat. Nafsu makanpun akan menurun.
Pencegahan dan solusi: jika keluarga atau teman Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah memang TBC.
* Kanker Paru-paru
Penyebab: meski banyak faktor penyebabnya namun asap rokok yang banyak mengandung zat beracun, adalah penyebab utama dari kanker paru-paru. Bukan hanya perokok aktif saja yang dapat terkena penyakit kanker paru-paru akan tetapi perokok pasif juga mempunyai resiko terserang penyakit kanker paru-paru, bahkan persentasenya lebih besar dibanding dengan perokok aktif. Kanker paru-paru dapat disebabkan oleh radiasi radio aktif, stres dan bahan kimia beracun.
Gejala: sakit pada bagian dada, batuk berdarah, sesak napas, berat badan menurun, mudah lelah. Sama seperti kanker lainnya, gejala umumnya baru terlihat apabila kanker paru paru sudah tumbuh besar atau telah menyebar.
Pencegahan dan solusi: makan makanan yang mengandung antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan hindari rokok dan asap rokok.
* Penyakit Bronkitis
Penyebab: merupakan peyakit peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa dikarenakan infeksi bakteri, kuman, atau virus. Penyebab lainnya adalah debu, asap rokok, atau polutan udara.
Gejala: batuk disertai dengan demam dan dahak berwarna kuning jika penyebabnya adalah infeksi kuman. Sedangkan jika sudah kronis dapat terjadi batuk berdahak serta sesak napas selama berbulan-bulan bahkan bisa beberapa tahun.
Pencegahan dan solusi: tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah-buahan. Sedangkan untuk menghentikan bronkitis kronis hentikan kebiasaan merokok Anda dan juga hindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif.

penyakit paru paru

* Penyakit Emfisema
Penyebab: disebabkan oleh hilangnya keelastisan alveolus. alveolus adalah gelembung-gelembung yang ada dalam paru-paru. Penderita penyakit ini volume paru-parunya lebih besar dibanding dengan orang yang normal. Asap rokok dan kekurangan enzim Alfa-1 adalah penyebab utamanya.
Gejala: sesak napas dalam waktu yang lama dan tidak dapat diatasi dengan obat yang digunakan penderita asma, nafsu makan menurun dan berat badanpun menurun.
Pencegahan dan solusi: menghindari rokok dan asap rokok adalah langkah terbaik untuk mencegah penyakit ini.
* Penyakit Asma
Penyebab: disebabkan oleh penyempitan sementara pada saluran pernapasan yang menyebabkan penderita sulit untuk bernapas. Penyempitan ini terjadi pada pembuluh tenggorokan. Penyakit ini juga bisa dari faktor keturunan, perubahan suhu, debu, dan kelembaban, gerak badan yang berlebih atau ketegangan emosi.
Gejala: sulit bernapas disertai suara mengi.
Pencegahan dan solusi: hindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi pada penderita sehingga terjadi serangan asma.
* Penyakit Pneumonia
Penyebab: infeksi jaringan paru (parenkim) yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Umumnya disebabkan oleh bakteri bakteri Mycoplasma pneumoniae dan streptokokus (Streptococcus).
Gejala: batuk berdahak, dahak berwarna kuning dan kental, sesak napas disertai dengan demam dan sakit pada bagian dada.
Pencegahan dan solusi: jaga daya tahan tubuh dan kebersihan. Biasakan untuk mencuci tangan, berolahraga secara teratur dan makan makanan bergizi.
Apa Obat Penyakit Paru Paru Yang Di Jual Di Apotik
Berikut ini ada beberapa obat untuk penyakit paru paru yang ada diapotik yang dapat menjadi pilihan anda dalam melakukan tindakan pengobatan penyakit paru paru yang anda derita.
# Penicilin
Jenis antibiotik ini umumnya digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi. Biasanya digunakan mengobati infeksi saluran kemih termasuk infeksi pada paru-paru. Radang paru-paru umumnya disebabkan oleh bakteri. Antibiotik ini biasanya digunakan untuk mencegah bakteri masuk ataupun membunuh bakteri yang sudah matang.
# Sefalosporin
Hampir sama dengan penisilin yang berfungsi untuk mengobati berbagai macam jenis infeksi seperti infeksi saluran kemih. Biasanya jenis antibiotik ini digunakan untuk mengobati infeksi yang lebih serius misalnya septicaemia dan meningitis.
# Aminoglikosida
Penyakit serius yang menyebabkan efek samping cukup parah umumnya bisa diatasi dengan jenis antibiotik ini. Misalnya penyakit yang menyebabkan masalah pendengaran serta kerusakan ginjal.
# Tetrasiklin
Obat jenis ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis masalah kulit mulai dari yang ringan sampai berat. Berbagai jenis penyakit kulit seperti jerawat sampai kondisi lain pada kulit yang sering disebut rosacea juga bisa diatasi.
# Makrolida
Obat ini hampir mirip dengan penicilin yang dapat mengobati berbagai jenis infeksi termasuk radang paru-paru. Lalu apa yang membedakan jenis obat ini? Jenis obat ini biasanya digunakan bagi para penderita yang memiliki alergi terhadap penisilin atau pada pasien yang kebal terhadap penisilin.
Demikian artikel yang saya buat mengenai penyakit paru paru dan obat apa saja yang ada di apotik untuk menyembuhkan penyakit paru paru yang anda derita. Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi anda, dan semoga dapat membantu anda dalam melakukan tindakan pengobatan. Apabila anda mau melakukan tindakan pengobatan menggunakan obat obatan herbal, bisa anda lihat di bawah ini, trimakasih.

obat paru paru

Contoh Apa Saja Obat Untuk Penyakit Paru Paru Di Apotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: catur

0 komentar:

Posting Komentar